Peresmian Banua Samporoa mombine. Dok: Sikola Mombine

Sabtu, 29 Desember 2018, Sikola Mombine  sukses meresmikan Rumah Ramah Perempuan yang diberi nama Banua Samporoa Mombine. Kegiatan ini dilangsungkan di kelurahan Panau kecamatan Taweli kota Palu. Rumah Samporoa Mombine ini dibagun dengan tujuan sebagi rumah ramah perempuan yang berfungsi untuk memberikan pelayanan khusus dan perlindungan serta sebagai pusat pengetahuan dan pemberdayaan bagi perempuan, anak dan kelompok rentan pada korban bencana alam PASIGALA.

Ketua Yayasan Sikola Mombine, Mutmainah Korona, saat memberikan sambutan dalam peresmian Banua Samporoa Mombine

Ketua Yayasan Sikola Mombine Mutmainah Korona, dalam sambutannya menyampaikan bahwa rumah ramah perempuan yang diberi nama Banua Somporoa Mombine ini memfasilitasi ruang layanan hukum, kesehatan, konseling dasar, psikolog dan ruang penitipan anak yang didalamnya terdapat ruang bermain serta ruang baca untuk anak-anak. Selain itu Banua Samporoa Mombine juga memberi ruang penguatan pada perempuan tentang kepemimpinan perempuan, penguatan pemulihan sosial ekonomi, serta pengetahuan tentang kebencanaan alam yang respontif gender. Hal ini menjadi sangat penting mengingat ditengah situasi pemulihan bencana alam, perempuan, anak dan kelompok rentan merupakan korban bencana alam yang sangat rentan terhadap trauma dan memerlukan pemulihan yang baik dan berkelanjutan.

Gunting pita oleh camat Taweli menandai di resmikannya Banua Samporoa Mombine

Peresmian Banua Samporoa Mombine ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh camat Tawaeli, Zulkifli bersama-sama dengan ketua Yayasan Sikola Mombine, Mutmainah Korona, direktur Yayasan Sikola Mombine, Risnawati, LBH SulTeng, P2TP2A serta disaksikan oleh masyarakat dan para tamu undangan yang hadir.

Tandatangan MoU antara Sikola Mombine bersama dengan LBH Sulteng dan P2TP2A

Sebelumnya, Sikola Mombine dalam hal ini Banua Samporoa Mombine bersama dengan LBH SulTeng dan P2TP2A melakukan penandatangan MoU sebagai mitra dalam memberikan layanan hukum serta pendampingan korban pasca bencana alam PASIGALA di Banua Samporoa Mombine yan disaksikan oleh bapak Camat Tawaeli dan Kapolsek Tawaeli. Dalam rangkaian kegiatan peresmian ini juga terdapat layanan kesehatan oleh dr. Zulkifli Maku serta layanan Konseling Psikolog Dasar oleh Fiany Risky F. Kunoi, S.Psi.

Peresmian dan keberadaan Banua Samporoa Mombine ini meneguhkan sikap Sikola Mombine yang selalu berkomitmen menjadi lembaga yang fokus pada penguatan, pendampingan dan advokasi untuk kepemimpinan perempuan di Sulawesi Tengah.

Selamat untuk Sikola Mombine dan Banua Samporoa Mombine

Tinggalkan Komentar

Close Menu